Minggu, 27 September 2020

AUTOCAD - Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak Untuk Menggambar Tekn...






Kode Unit      :

BGN.GAK.002 A


Judul Unit      :   Menggambar
Lanjut dengan Perangkat Lunak untuk
Menggambar Teknik


Uraian Unit   :   Unit
kompetensi ini berlaku untuk pekerjaan menggambar yang disertai dengan
mengelola layer, menggunakan dan
memodifikasi objek eksternal (xref, wblock)
dengan menggunakan perangkat lunak untuk menggambar teknik.


Sub Kompetensi


Kriteria Unjuk Kerja


1. Membuka
Perangkat Lunak untuk Menggambar Teknik.

1.1. Perangkat komputer sudah dinyalakan, dengan
sistem operasi dan persyaratan sesuai dengan SOP yang berlaku.
1.2. Panduan Pengguna Perangkat Lunak untuk Menggambar Teknik yang terkait dengan layer, block, wblock, dan xref sudah disediakan dan dipahami.
1.3.
Perangkat Lunak untuk Menggambar Teknik dijalankan.

2.  Mempersiapkan
pengelompokan objek gambar dengan mengaplikasikan fitur format.

2.1. Perintah pada menu format yang disediakan beserta shortcut-nya dikenali berdasarkan Panduan Pengguna.
2.2. Fitur layer, color, linetype, lineweight digunakan dengan tepat
2.3. Pembagian layer disesuaikan dengan pengelompokan
objek gambar.
2.4. Penamaan layer dan fitur-fitur layer disesuaikan dengan standar
perusahaan.

3.  Memanfaatkan
block, wblock dan external
reference
dalam menggambar.

3.1. Objek
gambar yang berulang ditentukan dan  Wblock
objek gambar dibuat.
3.2. Bagian
gambar yang berulang digambar dengan melakukan penyisipan wblock.
3.3. Bagian
gambar yang berasal dari file
lainnya diketahui lokasi penyimpanannya pada hard disk komputer.
3.4. Bagian
gambar yang berasal dari file
lainnya dimasukkan pada gambar dengan melakukan penyisipan external
reference
.

4.  Modifikasi  wblock dan external reference.

4.1. Block yang akan diubah bentuknya
ditentukan dan setelah selesai diperbaiki disimpan dalam nama file wblock yang sama.
4.2. Perubahan
objek block pada gambar dilakukan
dengan insert objek wblock yang
telah diperbaharui.
4.3. External reference yang akan diubah
gambarnya ditentukan dan dilakukan pada file
asal.
4.4. External reference yang lama
diperbaharui dengan melakukan reload.

5.  Modifikasi objek dengan melakukan modify properties.

5.1. Fitur modify properties dikenali.
5.2. Nama layer, color, linetype dan lineweight dari objek yang sudah
digambar diubah sesuai dengan kebutuhannya.

6.  Membereskan
gambar.

6.1.  Garis-garis bantu penggambaran dibersihkan.
6.2. Gambar yang telah selesai dibuat diperiksa
kebenaran dan kesesuaiannya dengan perintah dari atasan.   
6.3. Gambar yang telah diselesai disimpan dalam file dan folder yang telah ditentukan.
6.4.  Peralatan dibereskan, dirapikan dan
disimpan.

Persyaratan Unjuk Kerja

1.  Unit
ini berlaku untuk menggambar lanjut dengan Perangkat Lunak untuk Menggambar
Teknik (AutoCAD atau perangkat lunak sejenis) yang dilakukan di studio gambar
maupun di tempat lain.
2.  Tersedia
standar gambar yang berlaku di perusahaan.
3.  Perangkat
Lunak untuk Menggambar Teknik (AutoCAD atau perangkat lunak sejenis) sudah
terpasang.
4.  Tersedia
buku Panduan Pengguna dari
Perangkat Lunak untuk Menggambar Teknik (AutoCAD atau perangkat lunak
sejenis) yang digunakan.
5.  Tersedia
sumber informasi berupa gambar sketsa.


Acuan Penilaian

1.  Unit
kompetensi ini dapat diujikan secara langsung kepada peserta uji di studio
gambar maupun di tempat lain dengan standar peralatan komputer yang sesuai
dan Perangkat Lunak untuk Menggambar Teknik sudah terpasang.
2.  Aspek-aspek
kritikal yang dinilai:
·        
Membuat layer
dengan kelompok objek yang sejenis
·        
Menggunakan warna dasar untuk memudahkan
operasi pencetakan dengan plotter
·           
Menggunakan
block dan wblock dengan tepat sehingga mudah dan cepat
dalam menggambar
·        
Menyimpan file
dalam nama dan folder yang telah
ditentukan
3.  Kompetensi
yang harus dikuasai sebelumnya:
·           
BGN.GKU.001 A Mengelola File dan Folder pada Sistem Operasi
·           
BGN.GAK.001
A Menggambar Dasar dengan Perangkat Lunak untuk Menggambar Teknik
·           
BGN.GAK.003
A Mengatur Tata Letak Gambar pada Model Space dengan Perangkat Lunak untuk
Menggambar Teknik
·           
BGN.GAK.005
A Mencetak Gambar dengan Perangkat Lunak untuk Menggambar Teknik
4.  Pengetahuan
pendukung yang dibutuhkan:
·           
Memahami
tentang sistem dimensi
·           
Mengenali
istilah-istilah arsitektural dan strukt
ural
·           
Memahami
tentang operasi matematika dasar
·           
Menghitung menggunakan pecahan,
desimal, persen
·           
Mengkonversikan skala, pecahan
dan desimal
·        
Memahami istilah asing dalam
Perangkat Lunak yang digunakan
5.  Keterampilan
pendukung yang dibutuhkan:
·        
Menggunakan
perangkat komputer seperti keyboard
dan mouse secara bersamaan
·        
Mengetik
dengan tepat pada keyboard
6.  Sikap
yang dituntut:
·           
Bekerja dengan rapi dan bersih
·           
Bekerja dengan ketelitian dan
ketepatan ukuran
·           
Menghargai produktifitas dalam
bekerja
·           
Efisien dan optimal dalam
bekerja
·           
Menghargai mutu hasil pada
setiap langkah kerjanya
·           
Bersikap positif dan terbuka terhadap
penilaian hasil pekerjaan oleh atasan


Kunci Kompetensi

A

B

C

D

E

F

G

Level

2

1

2

2

2

1

2




Tidak ada komentar:

Posting Komentar