Jumat, 26 Februari 2021

LAPANG DADA - ONE MINUTE BOOSTER || SAMSUL ARIFIN


Ustadz Hanan Attaki One Minute Booster - Lapang Dada Part 02 Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=DmbISwtQ70Y&list=PLI8BrsZkk9IjUvlhJNuVeCrG6xkjeZPMI ——————————————————————— SAMSUL ARIFIN ——————————————————————— 👉Subscribe...👆Like...👈Share...👇Comment...🤘🤘🤘 KONKRET konten kreatif 👉Subscribe Youtube : https://bit.ly/2Bz7sP2 👉Follow Instagram : https://bit.ly/2A6w5lK #WiterAndSpeakingCorner #SamsulArifin #ARIEFPM #KONKRETkontenkreatif #OneMinuteBooster #UstadzHananAttaki #Ceramah #Islam #Muslim #BatikIndonesia #BehringerC1U #SonyA5100 #Filmora #Focusrite #FLStudio

Senin, 22 Februari 2021

MUNGKIN HARI INI ESOK ATAU NANTI - ANNETH (Cover) || JELVIRA


Original song by Anneth https://www.youtube.com/watch?v=fR4B5... ——————————————————————— JELVIRA ——————————————————————— 👉Subscribe...👆Like...👈Share...👇Comment...🤘🤘🤘 KONKRET konten kreatif 👉Subscribe Youtube : https://bit.ly/2Bz7sP2 👉Follow Instagram : https://bit.ly/2A6w5lK #MusicNation #Jelvira #ARIEFPM #KONKRETkontenkreatif #Cover #MungkinHariIniEsokAtauNanti #Anneth #Curhat #Gitar #Ukulele #BehringerC1U #SonyA5100 #Filmora #Focusrite #FLStudio

Senin, 01 Februari 2021

https://www.shutterstock.com/g/Arief_PM

 


Selasa, 03 November 2020

Lomba Live Sketching - Workshop Digital Sketching - 8 Tahun arsiSKETur |...



#Sketsa #KONKRETkontenkreatif #ARIEFPM #Ngempensketsa #SMKN2Malinau #Livesketching #Lomba #Workshop #DigitalSketching #KomunitasSketsa #Drawing

Rabu, 14 Oktober 2020

Design Rooftop Cafe & Coffe Shop - Ideas For You - Animasi 3D || ARIEF PM




    Cafe on the roof of a building is becoming a trend in big cities. Lots of cafes are made using the roof of the building. You can enjoy very good views from the roof of the building while enjoying a glass of coffee from the cafe. Hopefully it can be an idea for those of you who will make a cafe.
    As a place to gather, there are several choice options that consumers can choose according to their mood. This 3-floor cafe has a concept where each floor is different to add to your dance power. 1st floor with a very coffee concept, for consumers who like to communicate directly with baristas. For the 2nd floor for a comfortable area, with special air conditioning for those visiting with family. Meanwhile, on the 3rd floor for relaxing, having fun, enjoying the free air in the Rooftop area, enjoying a cup of delicious
coffee in a cool place will be an exciting moment when visiting.
    Convenience while visiting is the main thing, while being good is just a bonus in a place. Good is relative depending on which point you judge the place because everyone's taste is different.



Senin, 05 Oktober 2020

Menggambar Denah || VIDEO PEMBELAJARAN






Kode Unit              :

BGN.GPG.003 A


Judul Unit      :   Menggambar Denah


Uraian Unit   :   Unit kompetensi ini berlaku untuk penggambaran denah lantai bangunan
baik lantai dasar maupun lantai lainnya yang memuat informasi arsitektural
dan konstruksi, yang dikerjakan berdasarkan gambar skematik atau gambar acuan
lain sebelumnya.


Sub Kompetensi


Kriteria Unjuk Kerja


1. Melakukan persiapan pekerjaan membuat
gambar denah.


1.1. Peralatan dan perlengkapan gambar yang         dibutuhkan dipilih dan disiapkan.
1.2. Skala, ukuran kertas, dan format gambar
dikenali
1.3.  Standar penggambaran denah sesuai dengan
tujuan penggambaran dikenali.
1.4. Berbagai komponen dan  simbol-simbol material konstruksi yang
termasuk bagian-bagian denah dikenali.
1.5. Notasi
elemen arsitektural, struktural dan elemen bangunan lainnya dikenali
(misalnya notasi bukaan, notasi furniture
dapur, dan lain-lain).
1.6.  Sistem catatan, simbol referensi gambar dan
jenis jenis legenda pada denah dikenali.
1.7. Gambar
skematik atau gambar acuan sebelumnya dipahami.

2.  Menggambar
denah.

2.1. Besar area
gambar efektif dihitung dengan mempertimbangkan keberadaan kop dan
garis tepi.
2.2. Orientasi
denah pada kertas ditetapkan sesuai standar (misalnya mempertimbangkan posisi
arah Utara atau pintu masuk utama).
2.3. Denah
digambar dengan simbol-simbol arsitektural dan simbol lainnya bila ada,
seperti bukaan (pintu dan jendela), lokasi pintu masuk, kamar mandi/ WC dan
isinya, transportasi vertikal (tangga, dan lain-lain), garis atap (bila
diperlukan), dan lain-lain.
2.4. Kelengkapan
informasi seperti nama ruang, peil
ruang, dimensi (ukuran gambar), indikasi material, nama ruang, catatan dan
legenda, referensi (simbol gambar acuan untuk gambar detail, tampak dan
potongan), koordinat modul kolom, garis grid
(bila diperlukan), simbol arah Utara, serta skala gambar dibuat berdasarkan
standar atau manual yang disediakan.
2.5. Untuk denah
lantai dasar digambarkan pula tapak bangunan lengkap dengan elemen dan
standar lansekap (seperti Garis Sempadan Bangunan/ GSB, konfigurasi parkir,
standar jalan, pedestrian, perkerasan, vegetasi, dan lain-lain).
2.6. Bila
diperlukan, peta kunci (key plan)
dibuat pada gambar rencana tapak dengan standar yang telah ditetapkan.
2.7. Bila
diperlukan, ukuran-ukuran ruang yang lebih rinci, ukuran bersih, dan ukuran
kolom-kolom digambarkan.
2.8. Dimensi gambar-gambar dihitung berdasarkan
skala yang ditetapkan sebelumnya.
2.9. Besar huruf untuk judul gambar dan keterangan
skala ditetapkan sesuai standar.

3.  Membereskan gambar denah.

3.1. Kesesuaian antara denah yang digambar dengan
gambar skematik yang direncanakan diperiksa.
3.2. Kesesuaian gambar denah dengan denah-denah
antar disiplin pekerjaan lainnya diperiksa (denah struktural dan ME).
3.3. Kesesuaian posisi referensi tampak maupun
potongan pada denah diperiksa.
3.4. Kesesuaian gambar denah dengan ukuran kertas,
dan kesesuaian dimensi gambar dan tulisan dengan ukuran gambar diperiksa.
3.5.  Garis-garis bantu penggambaran dibersihkan.
3.6.  Kop gambar dibuat atau disesuaikan
dengan isi gambar, judul dan nomor gambar pada kop diperiksa.
3.7. Kesesuaian dimensi dan tulisan dengan ukuran
gambar diperiksa.
3.8.  Peralatan gambar dibereskan, dirapikan dan
disimpan.

Persyaratan Unjuk Kerja

1.  Unit
ini berlaku untuk penggambaran denah bangunan yang dilakukan di studio gambar
maupun di tempat lain.
2.  Tersedia
standar gambar yang berlaku di perusahaan.
3.  Tersedia
buku peraturan dan standar bangunan yang meliputi:
·           
Manual penggambaran denah
·           
Peraturan bangunan

4.  Tersedia
peralatan gambar yang meliputi:
·           
Alat
bantu gambar manual atau digital/ komputer dengan perangkat lunak untuk
menggambar teknik
5.  Tersedia sumber informasi yang berupa:
·           
Gambar
denah skematik dan atau gambar acuan sebelumnya


Acuan Penilaian

1.  Unit
kompetensi ini dapat diujikan secara langsung kepada peserta uji di studio
gambar maupun di tempat lain dengan standar peralatan gambar yang sesuai.
2.  Aspek-aspek
kritikal yang dinilai:
·        
Kebenaran
gambar sesuai yang diminta engineer
dan gambar acuan sebelumnya
·        
Kebenaran
gambar sesuai standard dan manual
·        
Kelengkapan informasi gambar
3.  Kompetensi
yang harus dikuasai sebelumnya:
·        
BGN.GPG.001 A Menggambar Gambar Proyeksi
Bangunan
·        
BGN.GAR.002 A Menggambar Konstruksi Bata/
Batako
·        
BGN.GAR.004 A Menggambar Rencana Kusen dan
Daun Pintu/ Jendela dari Kayu
·        
BGN.GAR.005 A Menggambar Rencana Kusen dan
Pintu/ Jendela dari Aluminium
·        
BGN.GAR.011 A Menggambar Detail Kamar
Mandi/ WC
4.  Pengetahuan pendukung yang dibutuhkan:
·           
Mengenali istilah dan simbol
umum
·           
Menunjukkan pemahaman tentang
sistem dimensi
·           
Mengenali
istilah-istilah arsitektural dan struktural
·           
Menunjukkan pemahaman tentang operasi
matematika dasar
·           
Menghitung menggunakan pecahan,
desimal, persen
·           
Mengkonversikan skala, pecahan
dan desimal
·           
Mengkonversikan
ukuran di lapangan ke ukuran arsitektural
·           
Menghitung
luas dari berbagai bentuk/geometri
·           
Menunjukkan
pemahaman tentang konstruksi geometris dan istilahnya
·           
Memahami konstruksi bangunan
sederhana
·           
Memahami sistem utilitas
sederhana
·           
Mengenal
berbagai jenis, ukuran dan karakter media gambar
5.  Keterampilan
pendukung yang dibutuhkan:
·           
Menggambar
menggunakan alat manual atau komputer
6.  Sikap yang
dituntut:
·           
Bekerja dengan rapi dan bersih
·           
Bekerja dengan ketelitian dan
ketepatan ukuran
·           
Menghargai produktifitas dalam
bekerja
·           
Efisien dan optimal dalam
bekerja
·           
Menghargai mutu hasil pada
setiap langkah kerjanya
·           
Bersikap positif dan terbuka terhadap
penilaian hasil pekerjaan oleh atasan


Kunci Kompetensi

A

B

C

D

E

F

G

Level

2

2

3

2

1

3

2

Minggu, 27 September 2020

AUTOCAD - Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak Untuk Menggambar Tekn...






Kode Unit      :

BGN.GAK.002 A


Judul Unit      :   Menggambar
Lanjut dengan Perangkat Lunak untuk
Menggambar Teknik


Uraian Unit   :   Unit
kompetensi ini berlaku untuk pekerjaan menggambar yang disertai dengan
mengelola layer, menggunakan dan
memodifikasi objek eksternal (xref, wblock)
dengan menggunakan perangkat lunak untuk menggambar teknik.


Sub Kompetensi


Kriteria Unjuk Kerja


1. Membuka
Perangkat Lunak untuk Menggambar Teknik.

1.1. Perangkat komputer sudah dinyalakan, dengan
sistem operasi dan persyaratan sesuai dengan SOP yang berlaku.
1.2. Panduan Pengguna Perangkat Lunak untuk Menggambar Teknik yang terkait dengan layer, block, wblock, dan xref sudah disediakan dan dipahami.
1.3.
Perangkat Lunak untuk Menggambar Teknik dijalankan.

2.  Mempersiapkan
pengelompokan objek gambar dengan mengaplikasikan fitur format.

2.1. Perintah pada menu format yang disediakan beserta shortcut-nya dikenali berdasarkan Panduan Pengguna.
2.2. Fitur layer, color, linetype, lineweight digunakan dengan tepat
2.3. Pembagian layer disesuaikan dengan pengelompokan
objek gambar.
2.4. Penamaan layer dan fitur-fitur layer disesuaikan dengan standar
perusahaan.

3.  Memanfaatkan
block, wblock dan external
reference
dalam menggambar.

3.1. Objek
gambar yang berulang ditentukan dan  Wblock
objek gambar dibuat.
3.2. Bagian
gambar yang berulang digambar dengan melakukan penyisipan wblock.
3.3. Bagian
gambar yang berasal dari file
lainnya diketahui lokasi penyimpanannya pada hard disk komputer.
3.4. Bagian
gambar yang berasal dari file
lainnya dimasukkan pada gambar dengan melakukan penyisipan external
reference
.

4.  Modifikasi  wblock dan external reference.

4.1. Block yang akan diubah bentuknya
ditentukan dan setelah selesai diperbaiki disimpan dalam nama file wblock yang sama.
4.2. Perubahan
objek block pada gambar dilakukan
dengan insert objek wblock yang
telah diperbaharui.
4.3. External reference yang akan diubah
gambarnya ditentukan dan dilakukan pada file
asal.
4.4. External reference yang lama
diperbaharui dengan melakukan reload.

5.  Modifikasi objek dengan melakukan modify properties.

5.1. Fitur modify properties dikenali.
5.2. Nama layer, color, linetype dan lineweight dari objek yang sudah
digambar diubah sesuai dengan kebutuhannya.

6.  Membereskan
gambar.

6.1.  Garis-garis bantu penggambaran dibersihkan.
6.2. Gambar yang telah selesai dibuat diperiksa
kebenaran dan kesesuaiannya dengan perintah dari atasan.   
6.3. Gambar yang telah diselesai disimpan dalam file dan folder yang telah ditentukan.
6.4.  Peralatan dibereskan, dirapikan dan
disimpan.

Persyaratan Unjuk Kerja

1.  Unit
ini berlaku untuk menggambar lanjut dengan Perangkat Lunak untuk Menggambar
Teknik (AutoCAD atau perangkat lunak sejenis) yang dilakukan di studio gambar
maupun di tempat lain.
2.  Tersedia
standar gambar yang berlaku di perusahaan.
3.  Perangkat
Lunak untuk Menggambar Teknik (AutoCAD atau perangkat lunak sejenis) sudah
terpasang.
4.  Tersedia
buku Panduan Pengguna dari
Perangkat Lunak untuk Menggambar Teknik (AutoCAD atau perangkat lunak
sejenis) yang digunakan.
5.  Tersedia
sumber informasi berupa gambar sketsa.


Acuan Penilaian

1.  Unit
kompetensi ini dapat diujikan secara langsung kepada peserta uji di studio
gambar maupun di tempat lain dengan standar peralatan komputer yang sesuai
dan Perangkat Lunak untuk Menggambar Teknik sudah terpasang.
2.  Aspek-aspek
kritikal yang dinilai:
·        
Membuat layer
dengan kelompok objek yang sejenis
·        
Menggunakan warna dasar untuk memudahkan
operasi pencetakan dengan plotter
·           
Menggunakan
block dan wblock dengan tepat sehingga mudah dan cepat
dalam menggambar
·        
Menyimpan file
dalam nama dan folder yang telah
ditentukan
3.  Kompetensi
yang harus dikuasai sebelumnya:
·           
BGN.GKU.001 A Mengelola File dan Folder pada Sistem Operasi
·           
BGN.GAK.001
A Menggambar Dasar dengan Perangkat Lunak untuk Menggambar Teknik
·           
BGN.GAK.003
A Mengatur Tata Letak Gambar pada Model Space dengan Perangkat Lunak untuk
Menggambar Teknik
·           
BGN.GAK.005
A Mencetak Gambar dengan Perangkat Lunak untuk Menggambar Teknik
4.  Pengetahuan
pendukung yang dibutuhkan:
·           
Memahami
tentang sistem dimensi
·           
Mengenali
istilah-istilah arsitektural dan strukt
ural
·           
Memahami
tentang operasi matematika dasar
·           
Menghitung menggunakan pecahan,
desimal, persen
·           
Mengkonversikan skala, pecahan
dan desimal
·        
Memahami istilah asing dalam
Perangkat Lunak yang digunakan
5.  Keterampilan
pendukung yang dibutuhkan:
·        
Menggunakan
perangkat komputer seperti keyboard
dan mouse secara bersamaan
·        
Mengetik
dengan tepat pada keyboard
6.  Sikap
yang dituntut:
·           
Bekerja dengan rapi dan bersih
·           
Bekerja dengan ketelitian dan
ketepatan ukuran
·           
Menghargai produktifitas dalam
bekerja
·           
Efisien dan optimal dalam
bekerja
·           
Menghargai mutu hasil pada
setiap langkah kerjanya
·           
Bersikap positif dan terbuka terhadap
penilaian hasil pekerjaan oleh atasan


Kunci Kompetensi

A

B

C

D

E

F

G

Level

2

1

2

2

2

1

2